DUKUNGAN TEKNOLOGI MOBILE POSITIONING DATA UNTUK SEKTOR KEPARIWISATAAN

Posted by Admin in Global Research on Feb 17, 2020

Penggunaan teknologi digital Mobile Positioning Data (MPD) untuk penghitungan wisatawan disambut baik dan diterima sepenuhnya oleh United Nation World Organization (UNWTO), bahkan UNWTO berharap agar penerapan teknologi digital ini dapat dilakukan oleh negara – negara lain di dunia 1 .

Penggunaan MPD dalam statistik pariwisata sejalan dengan rekomendasi PBB yang berkaitan dengan revolusi data dalam UN Advisory Group Report, yaitu Dunia yang Menghitung. MPD mampu mendeteksi kecepatan produksi data, penyebaran data dari teknologi data, seperti telepon seluler dan internet of things 2.

Pariwisata sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai leading sector pembangunan ekonomi nasional 3. Sektor pariwisata Indonesia sendiri diproyeksikan mampu menyumbang produk domestik bruto sebesar 15% dan menyerap lebih banyak tenaga kerja 4. Lebih jauh, sektor pariwisata diyakini mampu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang lebih tersebar di seluruh negeri ini.

Bank Indonesia (BI) juga menyatakan pariwisata merupakan sektor yang paling efektif untuk mendongkrak devisa Indonesia. Salah satu alasannya karena sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata terdapat di dalam negeri 5.

Adapun data wisatawan nusantara yang valid selama ini diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan kegiatan penghitungan wisatawan nusantara ini didasarkan pada hasil Susenas yang dilaksanakan 4 (empat) kali dalam setahun sehingga menghasilkan data wisnus dalam 4 (empat) triwulan. Proses penghitungan wisatawan nusantara selama ini membutuhkan sumber daya manusia dan biaya yang tidak sedikit sehingga tidak dapat dilakukan setiap tahun dan tidak dapat dilakukan secara menyeluruh. Dengan adanya teknologi Mobile Positioning Data (MPD) ini tentu saja proses penghitungan wisatawan nusantara tidak lagi mengalami kendala yang serupa, bahkan data yang dihasilkan dapat mencakup data bulanan, mingguan serta harian.


Referensi:
1 https://www.suaramerdeka.com/travel/baca/163373/konsep-penghitungan-wisman-mobile-positioning-data-mpd-disambut-baik-unwto
2 https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/03/23/on9bh1328-mobile-positioning-data-dukung-pengembangan-wisata-perbatasan
3 http://www.kemenparekraf.go.id/index.php/post/siaran-pers-menpar-tekankan-pentingnya-komitmen-ceo-untuk-jadikan-pariwisata-primadona-daerah
4 https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3650849/industri-pariwisata-indonesia-kian-meningkat-pesat
5 https://travel.kompas.com/read/2019/03/23/084500627/bi--industri-pariwisata-jadi-sektor-paling-hasilkan-devisa

Artikel Lainnya

Restarting Tourism Industry In The Age Of Covid-19 Pandemic

How Mobile Positioning Data provides needed insights for the decision ...

Read more
Helping Indonesia Measure Tourism And Achieve Sustainable Development Goals

Mobile Positioning Data (MPD) Case Study - In Collaboration with Ministry ...

Read more
Benchmark Pemanfaatan Mobile Positioning Data

  1. BELANDA, Melalui kontrak dengan pihak ketiga, Stat ...

    Read more
Local Tourism Dashboard Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Pimpinan

Pariwisata sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai leading sector pemba ...

Read more